Rabu, 20 Maret 2013

CARA DARURAT MENGUSIR ANGIN DUDUK

CARA DARURAT MENGUSIR ANGIN DUDUK
Ditulis Oleh :Nining, Yogyakarta, Pada Tanggal : 09 - 10 - 2012 | 23:42:09
Angin duduk, seringkali menyerang dengan mendadak.. Sampai sekarang soal angin duduk ini memang misterius. Namun ditandai sebagai serangan jantung yang tiba-tiba. Pengalaman Penulis yang pernah mengalami kejadian seperti ini, merasakan angin duduk itu sebagai berikut. Ketika Penulis sedang melakukan suatu kegiatan, tanpa sebab yang jelas, sekonyong-konyong ada angin dari perut, melonjak, mendesak ke dada dengan kuat dan terus menekan. Saat itu kami pun tidak dapat bernapas, dada sesak seperti mau meledak, dan kalau tidak kuat bisa mengakibatkan kematian.

Itulah rasanya diserang angin duduk. Kebetulan, setelah mencoba menenangkan diri, dan terbatuk-batuk, anginnya berangsur-angsur jadi reda. Tetapi banyak juga yang langsung, dadanya serasa ditekan benda keras, tidak dapat bernafas sedikit pun, dan selang beberapa menit, langsung tewas di tempat kejadian. Jadi kesimpulannya, jangan main-main dengan angin duduk. Serangannya selalu mendadak dan tidak bisa diduga sebelumnya. Bagi orang yang tidak tahu hanya mengatakan: “Masuk angin kasep yang menyebabkan kematiannya,” tuturnya. Begitu biasanya komentar orang-orang di sekitarnya.   
Lalu bagaimana cara mengatasinya? Bagaimanakah cara mengusir angin duduk yang menguasai tubuh kita? Berikut ini contoh kasusnya. Suatu saat bila  anda sibuk kerja seharian dan sedang dalam perjalanan pulang dengan mengendarai mobil atau kendaraan sendirian. Di tengah jalan, tiba-tiba anda merasakan sakit yang sangat di dada dan mulai menjalar ke lengan, dagu. Seperti ada pusaran angin dari perut, naik ke atas dan menekan ke dada. Anda memperkirakan,  jarak ke RS terdekat kira-kira masih 5 Km lebih. Anda berpikir cepat, apakah mampu bertahan sampai sejauh itu?
Saat kebetulan Anda sendirian, dilanda angin duduk, dan berarti terkena serangan jantung, bagaimanakah cara pertolongan pertamanya? Jangan panik dan cobalah berpikir setenang mungkin. Seseorang yang terkena serangan angin duduk, jantungnya tidak dapat berdenyut secara normal, serta merasa hampir pingsan. Saat itu, dia hanya mempunyai waktu 10 detik, untuk selamat dari maut. Setelah itu akan hilang kesadaran dan pingsan. Jika disekitar Anda tidak ada orang yang memberi pertolongan pertama, penderita harus memanfaatkan 10 detik yang singkat tersebut, guna berusaha  menolong dirinya sendiri. Lalu, caranya bagaimana?
Inilah solusinya. Kata kuncinya, jangan panik. Yang harus anda lakukan saat dalam situasi yang kritis seperti itu, berusahalah berbatuk terus sekuat tenaga. Setiap kali sebelum batuk, harus menarik nafas sedalam-dalamnya, dan kemudian berbatuk sekuat-kuatnya. Seperti hendak mengeluarkan dahak yang berada dalam dada. Setiap selang dua detik, anda harus tarik nafas dan berbatuk lagi. Begitu berulang-ulang, sehingga pertolongan tiba. Seandainya dengan usaha seperti itu, lalu merasakan denyut jantung sudah normal, silahkan istirahat dulu.
Sesungguhnya, apa sih tujuan berbuat seperti itu? Maksudnya dengan menarik nafas dalam-dalam adalah untuk memasukkan oksigen ke dalam paru-paru semaksimal mungkin. Sedangkan maksud dari  batuk adalah untuk menekan jantung agar aliran darah bersirkulasi. Pertolongan pertama cara ini dimaksudkan agar penderita mempunyai kesempatan untuk ke rumah sakit. Begitulah cara darurat mengusir angin duduk. Beberapa teman Penulis, dengan cara seperti itu, banyak yang berhasil.
Sebetulnya ada cara meminilisasi serangan angin duduk yaitu, dengan hidup teratur dan mengatur pola makan. Tidurlah yang cukup, delapan jam sehari. Senam secara rutin dan minum air putih secukupnya. Hindari jangan stress. Kalau kegiatan terlalu padat, di sela-sela kegiatan, baik di kantor maupun di luar, kalau ada kesempatan pakailah untuk istirahat dan tidur. Misalnya tidur dengan cara duduk santai di kursi atau di mobil. Istirahat sesering mungkin, setiap ada kesempatan. Bisa tidur 10 menit atau seperempat jam, akan membuat tubuh kembali segar. Apalagi kalau bisa tidur lebih dari itu. Itulah tips terbaik guna mengatasi dan mengusir angin duduk. Eling lan waspodo

5 komentar: