Sabtu, 30 Maret 2013

macam obat alami untuk insomnia

Insomnia adalah gangguan bagi tidur baik saat akan tidur maupun selama prosesi tidur. Insomnia dapat disebabkan oleh penyakit dan kondisi mental seseorang. Penyakit yang dapat menyebabkan insomnia seperti gangguan fungsi hati, jantung, ginjal, dan hipertensi. Adapun gangguan karena kondis mental didominasi karena faktor stress, depresi, atau kecemasan.

Secara umum dapat terjadi hanya dalam beberapa hari saja, atau beberapa pekan, atau bahkan lebih. Hal ini sangat tergantung dari root cause - akar permasalahan penyebab insomnia ini. Meski belum banyak mendapat perhatian masyarakat sebagai sesuatu yang serius, bagi orang yang merasakannya, kondisi susah tidur ini seringkali merupakan ujian yang "sangat berat".



Berikut ini ada beberapa hal mendasar yang mesti diamati mengenai bagaimana mengatasi insomnia:

1. pastikan bahwa tempat tidur Anda cukup nyaman. Tentu bila kasur / bantal terlalu keras, akan membuat gangguan tidur bagi Anda, sehingga Anda sulit tidur nantinya.

2. hindari penggunaan obat tidur / pil penenang / anti depresi / pil anti stress dsb. untuk mengatasi insomnia. mengatasi insomnia - susah tidur - gangguan tidur - sulit tidur - tak dapat tidur - tidak bisa tidur - susah tidur malamSaya amat sangat tidak merekomendasikan hal ini. Mengapa? Semua obat-obatan ini bila dikonsumi jangka panjang, akan mengganggu organ-organ tubuh Anda. Selain itu, Anda akan berkeyakinan bahwa obat inilah yang akan membuat Anda tidur, alias ketergantungan obat.

3. hindari kopi, susu high fat, dan alkohol sebelum tidur.

4. hindari rokok seumur hidup

5. makanlah makanan yang hijau-hijau, yang banyak mengandung Magnesium dan Potassium. Contohnya adalah kangkung dan bayam. Anda tidak suka sayur dan buah-buahan? Tidak masalah. Anda bisa diskusi dengan saya dan Anda tiba-tiba akan suka sayur dan buah-buahan!

Hal-hal di atas adalah yang mendasar untuk mengatasi insomnia. Kondisi susah tidur malam ini akan diperburuk bila Anda tidak bisa mengatur hati / perasaan Anda. di bwah ini adalah beberapa macam obat untuk mengatasi insomnia:

  1. Buah pala (Myristica fragrans hout).

    Buah Pala
    Tumbuhan ini berbatang sedang dengan ketinggian mencapai 18 m, daunnnya berbentuk lonjong dan selalu hijau sepanjang tahun. Buahnya bulat diselimuti kulit berwarna kuning jika sudah tua. Dagingnya yang agak tebal biasa diolah untuk dijadikan manisan. Isi bijinya yang berwarna putih jika dikeringkan akan mengeluarkan aroma yang mirip dengan aroma cengkeh. Buah dan biji pala mengandung senyawa saponin, polofenol, miristisin, elimicin, dan safrole. Beberapa senyawa tersebut bersifat merangsang tidur.
  2. Kangkung (Ipomoea aquatic forsk).

    Kangkung
    Tumbuhan ini sudah tidak asing lagi, karena sering digunakan sebagai menu sehari-hari. Menurut pakar kesehatan dari Filpina, Herminia de guzman ladion, sayuran ini dapat membuat orang tidur nyenyak. Besar kemungkinan, hal ini dikarenakan kandungan vitamin B, kalsium seng, dan magnesiumnya yang bersifat menenangkan susunan syaraf, sehingga menjadikan kita rileks sehingga dapat tidur dengan nyenyak.
  3. Seledri (Apium graveolens L.).

    Seledri
    Khasiat seledri sudah dicatatkan sejak zaman sebelum masehi, yakni digunakan oleh bangsa mesir kuno. Seledri tidak secara langsung dipakai untuk meredakan insomnia/gangguan sulit tidur lainnya. Seledri lebih memiliki efek menenangkan dan menurunan darah tinggi. Sebagaimana yang kita tahu, saat stres, tekanan darah seseorang biasanya tidak stabil. Seledri berfungsi untuk menstabilkan (bukan menurunkan) tekanan darah.
  4. Cabai puyang (Polygonum hydropiper)

    Cabe Jawa
    atau dikenal dengan cabai jawa (Piper retrofractum) tidak terlalu dikenal sebagai obat sulit tidur/insomnia. Karena cabai puyang ini lebih sering digunakan sebagai obat kelelahan atau pegal linu. Hal ini tentu akan berdampak sangat baik pada kenyamanan saat tidur.
  5. Buah ceri (Prunus avium).

    Buah Ceri
    Pada studi skala kecil , para partisipan meminum 8 (delapan) ons  jus buah ceri asam di pagi hari dan makan 8 (delapan) ons lagi di malam hari, selama dua minggu, dilaporkan bisa tidur lebih baik. Buah ceri itu banyak mengandung melatonin, suatu zat yang bisa memberi efek mengantuk. Jika anda tidak suka meminum jus, anda bisa makan semangkuk buah ceri sebelum tidur.
  6. Daun Sage (Salvia officinalis L.)

    Daun Sage
    Tanaman ini juga berguna sebagai obat tidur alami. Hangatkan 4 sendok teh tanaman ini ke dalam secangkir air panas, saring lalu hangatkan kembali untuk diminum. Chamomile dan Valerian, juga berguna sebagai obat tidur, sudah banyak dijual bebas di toko-toko.
  7. Lemon Balm (Melissa officinalis)

    Lemon Balm
    Tanaman sejenis mint beraroma lemon ini sudah sering digunakan sebagai obat tidur. Keuntungan tambahan dari tanaman ini adalah baik untuk pencernaan dan bisa sebagai penenang. Coba minum seduhan dengan menghangatkan 1 – 2 sendok teh tanaman lemon balm ke dalam secangkir air panas selama 5 – 10 menit. (Jika anda sedang dalam pengobatan thyroid, bicarakan ke dokter anda, karena dengan meminum teh ini, berarti dosis pengobatan anda harus disesuaikan lagi).

Cherries / Buah Ceri
cherry 150x150 5 Obat Tidur Alami Untuk Atasi Sulit Tidur (Insomnia)
Di suatu studi skala kecil, para partisipan meminum 8 (delapan) ons  jus buah ceri asam di pagi hari dan makan 8 (delapan) ons lagi di malam hari, selama dua minggu, dilaporkan bisa tidur lebih baik. Buah ceri itu banyak mengandung melatonin, suatu zat yang bisa memberi efek mengantuk. Jika anda tidak suka meminum jus, anda bisa makan semangkuk buah ceri sebelum tidur.
———
Fish / Ikan
2449196 fish big 5 Obat Tidur Alami Untuk Atasi Sulit Tidur (Insomnia)
Beberapa ikan dan makhluk laut lainnya mengandung zat yang dapat menyebabkan kantuk tryptophan, termasuk diantaranya udang, ikan cod, tuna dan ikan halibut. Namun karena tidak semua makanan laut itu sehat untuk kita (beberapa diantaranya tinggi kontaminasi) atau sehat untuk lingkungan (banyak diantaranya didapat dengan cara yang bisa merusak lingkungan), pastikan anda bisa menangkap ikan kod pasifik dari Alaska atau ikan tuna albacore yang ditangkap di kutub dari Amerika atau Kolumbia Inggris.
Carb or Protein Combo / Paket Karbohidrat atau Protein
oatmeal1 5 Obat Tidur Alami Untuk Atasi Sulit Tidur (Insomnia)

Jika anda cukup bingung mengikuti panduan makanan laut yang aman, anda bisa mendapatkan asupan tryptophan dari yang lainnya. Anda mungkin pernah dengar bahwa susu hangat dapat membantu anda tidur, karena susu mengandung tryptophan. Namun kata kuncinya adalah kombinasi antara asupan karbohidrat dengan protein yang mengandung tryptophan untuk membantu tubuh anda menggunakan zat tidur tersebut. Cobalah makan semangkuk sereal bersama susu organik sebelum tidur.
Mineral, vitamin, dan asam amino dalam madu dapat menenangkan sistem syaraf sehingga bisa digunakan sebagai obat alami bagi penderita susah tidur (insomnia).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar