Selasa, 19 Maret 2013

Manfaat dan Khasiat Tanaman Herbal Ceguk

Manfaat dan Khasiat Tanaman Herbal Ceguk

Nama latin: Quisqualis indica L
Nama daerah: Dani; Udani; Wudani; Bidani; Kacekluk; Cekluk; Wedani; Saradengan; Tikao.
Deskripsi tanaman: Perdu merambat, panjang batang sampai 5 meter. Batang berkayu, bercabang-cabang, cabang muda berwarna hijau, berduri. Daun tunggal, bulat telur. Perbungaan bentuk bulir, terdapat di ketiak daun dan di ujung cabang. Kelopak berwarna hijau kekuningan. Putik berwarna putih sampai merah tua. Buah tergolong buah batu, biji kecil, pipih berwarna hitam. Akar tunggang.
Habitat: Tumbuh di dataran rendah dalam semak belukar dan sebagai tanaman pagar
.
Bagian tanaman yang digunakan: Biji
Kandungan kimia: Trigonelina; Minyak lemak; Gom; Resin
Khasiat: Antelmintik; Tonik
Nama simplesia: Quisqualidis indicae semen
Resep tradisional:
KLASIFIKASI 

Ceguk disebut Quisqualisindica L. atau Quisqualis ebracteata Beauv. termasuk ke dalam famili Combretaceae. Tanaman ini dikenal dengan nama daerah wudani, bidani, kacekluk, rhabet, besi tikao atau ceguk.
SIFAT KIMIAWI : Tumbuhan ini merupakan tanaman herbal Indonesia yang kaya dengan berbagai kandungan kimia yang sudah diketahui,antara lain:
Buah matang : Potassium quisqualata, lemak jenuh, trigonelline dan puridine.
Kulit buah dan daun : Potassium quisqualata. Bunga : Cyanidinemonoglycoside.
Daun dan tangkai : Tanin, saponin, sulfur, calsium oksalat, lemak, peroksidase, protein.
EFEK FARMAKOLOGIS : Tumbuhan ini bersifat : Manis, hangat, beracun(toksik). Masuk meridian limpa dan lambung. Obat cacing, membantu pencernaan, memperkuat limpa.
BAGIAN TANAMAN HERBAL YANG DIGUNAKAN : Efek farmakologi ini diperoleh dari penggunaan biji, buah masak kering, akar dan daun.
PENYAKIT YANG DAPAT DISEMBUHKAN DAN CARA PENGGUNAANYA
Berdasarkan berbagai literatur yang mencatat pengalaman secara turun-temurun dari berbagai negara dan daerah, tanaman ini dapat menyembuhkan penyakit-penyakit sebagai berikut :
  1. Axyuriasis (cacing kremi). Biji digongseng sampai matang, dimakan dengan dikunyah ½ jam sebelum makan. Anak kecil 3-15 biji/ hari, dewasa 15 -30 biji/ hari, untuk 3 kali makan selama 15 hari.
  2. Ascariasis (cacing gelang). Untuk anak-anak gerus 3-5biji, makan. Akar 2 jari direbus dengan  cangkir air, tambahkan sedikit gula jawa, sampai tersisa satu cangkir. Minum pagi hari sebelum makan.
  3. Ankylostomiasis (cacingtambang). Biji ceguk dicuci bersihlalu digiling halus. Seduh dengan air panas ½ cangkir dan 1 sendok makan madu, hangat-hangat diminum malam hari sebelum tidur.
  4. Sakit kepala. Daun dilumatkan dan dipakai sebagai tapal pada pelipis.
  5. Sakit telinga. Daun bersih ditumbuk dan diperas, air perasannya untuk tetestelinga.
  6. Penyakit jamur di kulit. Buah digiling halus, tambahkan minyak kelapa, balurkan di tempat sakit.
  7. Untuk penyakit-penyakit : Berat badan kurang dan gangguan pencernaan pada anak. Becek pada wanita. Perut kembung pada disentri. Radang ginjal.Gunakan 30 – 60 grdaun, direbus, saring, minum
  8. Obat cacing  :Biji ceguk 5 butir; Air 1 cangkir, Biji ceguk ditumbuk; kemudian direbus hingga 1/2 cangkir, Diminum 2 kali sehari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar