Selasa, 19 Maret 2013

Khasiat dari Bunga Pukul Empat

Khasiat dari Bunga Pukul Empat (Mirabilis Jalapa .L)

    Awalnya saya sendiri tidak tau apa itu bunga pukul empat sore. Dan saya tahu tentang bunga tersebut pagi ini saat saya menonton acara NatureLife  di salah satu stasiun televisi swasta di Indonesia. Dan menurut saya beritanya sangat bermanfaat dan akhirnya saya putuskan untuk menjadikan artikel agar memberi manfaat buat orang lain.

Apa sih Bunga pukul empat ?
    Bunga pukul empat sore adalah tumbuhan herba kecil banyak ditanam orang sebagai tanaman hias di pekarangan , berbatang basah. Bunga mekar di waktu sore hari dan kuncup kembali pada pagi hari menjelang fajar.

Kandungan yang terdapat dalam Bunga pukul empat ?
    Bunga pukul empat mengandung beberapa senyawa kimia seperti Alkaloid trigonelia, betaxanthis, zat tepung, lemak (4,3%), zat asam lemak (24,4%), dan zat asam minyak (46,9%).
Nah setelah saya menonton acara tersebut, lalu saya mencari lebih dalam tentang khasiat lain bunga pukul empat selain untuk pengobatan jerawat dari google search. Dan berikut beberapa khasiat lain Bunga pukul empat , yaitu :
1.    Sebagai obat amandel (tonsilis) / Radang prostat.
2.    Sebagai obat bisul.
3.    Sebagai Anti inflamasi.
4.    Sebagai Obat Diuretik.

Cara mengolah bunga pukul empat sebagai obat jerawat , sbb :
1.    Kupas bunga pukul empat.
2.    Kumpulkan zat tepung buah dalam bunga tersebut.
3.    Campurkan dengan sedikit air.
4.    dan, Oleskan pada jerawat setiap sesudah mandi atau membersihkan wajah agar jerawat tersebut akan mengecil dan sembuh. (min.2xsehari)

Cara mengolah bunga pukul empat sebagai obat bisul , sbb :
1.    Oleskan sedikit minyak kemiri pada bisul. Layukan daun bunga pukul empat di atas api. Oleskan sedikit minyak kelapa, tengahnya di lubang dan letakan di atas bisul.
2.    Siapkan dan cuci 10 lembar daun bunga pukul empat. Lumatkan dan tambahkan air garam secukupnya. Tempelkan pada bisul dan sekelilingnya, Lalu di balut.

Cara mengolah bunga pukul empat sebagai obat Radang amandel dan radang prostat , sbb :
1.    Siapkan akar bunga pukul empat sebanyak 10 gram dan air secukupnya.
2.    Campuran tersebut dibuat jus atau dipipis.
3.    Kompreskan campuran pada bagian yang sakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar