Sabtu, 30 Maret 2013

obat utuk flu dan cara mengatasi nya

Untuk menghadapi Flu, selain prepared atau treatment dengan multivitamin dan makanan asupan, dan bagi kita yang "alergi" dengan namanya obat, dapat kembali ke obat-obat asli Indonesia alias Obat Tradisional. Berikut ada tips, bagaimana cara menangkal Flu dengan konsumsi obat tradisional. Beberapa obat tradisional yang kita dapat cari adalah sebagai berikut :


1. Bawang Merah
Kandungan dalam bawang merah tak jauh beda dengan bawang putih, yang mengandung kimia antiviral.Rendam potongan bawang merah mentah di madu, biarkan selama semalaman. Gunakan campuran ini seperti sirup obat batuk. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan banyak bawang merah dalam masakan saat sedang terkena flu.

2. Vitamin C
Memang berdasarkan penemuan baru vitamin c hanya mampu mencegah flu biasa dan mengurangi reaksi gejala-gejala flu. Namun meski demikian vitamin c tetap bermanfaat untuk melawan flu dan batuk.

3. Madu
Madu populer sebagai obat mujarab di beberapa budaya, menurut studi madu juga menunjukkan dapat membantu meringankan iritasi pada tenggorokan dan diyakini mengandung antioksidan dan anti bakterial. Madu juga terbukti meringankan batuk dan membantu tidur pulas pada anak-anak berusia satu tahun ke atas.

4. Ginseng
Ginseng dianggap sebagai suplemen herbal yang populer. Banyak manfaat dari ginseng ini mulai dari memperbaiki ingatan, memperbaiki konsentrasi, kelelahan, masalah yang berkaitan dengan penuaan, depresi ringan dan bahkan untuk ibu setelah melahirkan. Kandungan dalam ginseng meningkatkan sistem imun tubuh, untuk itu tak salah jika ginseng disebut berkhasiat sebagai obat flu.

5. Jahe
Jahe dipercaya sejak dulu kala sebagai obat tradisional China dalam memerangi gejala flu. Dalam pengobatan India, ayurveda juga dipercaya hal yang sama. Jahe panas ditambah jeruk nipis dan madu bisa dijadikan minuman di saat hujan. Tapi bagi yang baru menjalani operasi,sebaiknya hindari minum jahe selama dua minggu.

6. Zat Besi
Zat besi merupakan mineral esensial yang dibutuhkan lebih dari 300 enzim yang ada di dalam tubuh. Zat besi dapat Anda temukan pada makanan seperti daging, hati, seafood dan telur. Saat ini juga sudah tersedia dalam bentuk pil dan sirup. Kenapa zat besi bermanfaat? Zat ini memiliki efek menguatkan sistem imun tubuh, mood, kehidupan seks dan kesehatan yang berhubungan dengan pernafasan. Saat Anda mendapatkan gejala-gejala flu awal, tambahkan asupan zat besi dalam diet Anda. Sebagai bonusnya, zat besi ini dapat sedikit membantu menurunkan gejala flu.

7. Bawang Putih
Bawang putih dipercaya memiliki banyak manfaat. Allicin adalah yang paling ampuh melawan flu. Menurut studi kandungan allicin dalam bawang putih dapat mengurangi resiko terjangkit flu dan menyembuhkan sakit flu dengan cepat. Tapi ada efek samping bagi penderita gula darah dan wanita hamil. Menurut tes bawang putih memang mampu membunuh virus influenza. Tambahkan bawang putih pada sop ayam, yang juga dipercaya meredakan gejala flu, lalu nikmati saat masih panas.                                                                  dan 9 cara ampuh untuk atasi flu

1. Tiup Hidung
Hidung tersumbat sangat menyiksa. Rasanya pasti ingin selalu membuat tekanan di hidung, seperti gerakan menarik ingus. Sesaat mungkin terasa plong, tapi aktivitas ini ternyata justru memperburuk sakit dan berisiko membuat lendir masuk ke paru-paru lalu memicu infeksi. Lebih baik, buat tekanan keluar seperti gerakan meniup dengan hidung agar ingus keluar. Tekan satu lubang hidung lalu tiup sisi satunya hingga ingus bersih. Lakukan bergantian.
2. Beristirahat
Flu menyerang saat daya tahan tubuh lemah. Karenanya, istirahat menjadi salah satu elemen penyembuhan penting karena akan mengembalikan sistem kekebalan tubuh. Selain mempercepat penyembuhan, berbaring atau tidur di balik selimut cukup membantu menyegarkan tubuh yang mulanya lemas.
3. Kumur
Untuk melegakan tenggorokan, coba berkumur dengan air hangat yang dicampur berbagai ramuan herbal atau rempah. Misalkan dengan menambahkan garam mineral, teh raspberry, cuka apel, sage, jahe, dan kunyit. Lakukan empat kali sehari.
4. Minum cairan hangat
Cairan hangat cukup membantu meredakan hidung tersumbat, membantu mencegah dehidrasi, dan dapat menenangkan membran hidung dan tenggorokan yang mengalami peradanggan. Uap yang dirilis minuman hangat membantu mengencerkan lendir.
5. Penguapan
Salah satu cara tradisional untuk mencegah dan mengatasi flu adalah dengan penguapan atau steam. Masukkan air panas ke baskom lalu dekatkan wajah sambil memerangkap uap dengan handuk yang tersampir di kepala. Agar hasilnya lebih efektif, campur dengan rempah yang melegakan hidung dan tenggorokan, seperti minyak eucalyptus, kunyit, dan jahe.
6. Irup mentol
Oleskan balsam, minyak kayu putih atau salep bermentol di dekat lubang hidung. Selain membuat plong hidung yang tersumbat, ini juga membantu mencegah iritasi kulit di sekitar lubang hidung.
7. Bantal tinggi
Ketika tidur, usahakan selalu menjaga kepala dalam posisi lebih tinggi dari bagian dada. Ini untuk mengurangi pembentukan lendir. Cara terbaik adalah tidur dengan bantal dobel dan wajah menghadap langit-langit.
8. Irup bawang
Mencium potongan bawang cukup efektif untuk mengatasi hidung tersumbat. Bawang bertindak sebagai katalis untuk mengeluarkan cairan dan membersihkan hidung. Dekatkan potongan bawang di bawah hidung selama sekitar lima menit.
9. Makanan pedas
Bahan kimia Capsaicin yang ditemukan dalam lada atau cabai dapat membantu membersihkan rongga hidung. Saat flu menyerang, coba santap sup hangat dengan taburan lada, atau makanan mengandung kuah pedas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar