Minggu, 17 Maret 2013

Manfaat Adas

Manfaat Adas(Foeniculum vulgare Mill) Untuk Kesehatan Tubuh

beberapa khasiat dari tanaman adas yang perlu anda ketahui

Manfaat Adas Untuk Kesehatan :: Adas adalah salah satu jenis tanaman rempah yang memiliki khasiat sebagai tanaman obat selain fungsi utamanya sebagai salah satu bumbu dapur yang memiliki banyak manfaat selain sebagai bumbu masakan.
 Tanaman adas tergolong kedalam salah satu tumbuhan semak. Penyebaran tanaman ini diperkirakan pertama kali di wilayah laut tengah. Adas yang memiliki nama latin Foeniculum vulgare mill ini memiliki umur yang cukup panjang
.

Ciri-ciri umum yang bisa anda kenali dari tanaman adas :
  1. Pohon adas memiliki tinggi dari 50 cm hingga 2 meter.
  2. Memiliki struktur batang yang merumpun dimana setiap rumpun umumnya terdiri dari 3 - 5 batang.
  3. Batang memiliki warna hijau kebiru-biruan, bentuk batang beralur, beruas, dan berlubang. Bila batang dimemarkan akan mengeluarkan aroma yang wangi.
  4. Daun adas tumbuh hingga mencapai 40 cm, posisi daun saling berseling, majemuk ganda dua dengan sirip-sirip yang sempit, bentuk jarum, ujung dan pangkal daun runcing, bagian tepi daun rata, berseludang dengan warna putih, seludang ini berselaput dan bagian atasnya memiliki bentuk seperti topi.
  5. Susunan bunga adas berbentuk majemuk dan terdiri dari 6 – 40 gagang bunga, panjang ibu gagang bunga antara 5 s/d 10 cm, panjang 2 s/d 5 mm, mahkota bunga berwarna kuning dan tumbuh keluar dari ujung batang.
  6. Tanaman adas memiliki buah berbentuk lonjong, berusuk dan panjang antara 6 – 10 mm serta lebar 3- 4 mm.
  7. Buah berwarna hijau untuk yang muda dan coklat tua untuk buah yang sudah tua ( sebenarnya warna buah adas relative, ini di pengaruhi juga dari asal tanaman adas tersebut berasal )
  8. Untuk buah yang sudah matang, akan mengeluarkan aroma yg khas, bila anda mencicipi buah adas , akan merasakan rasa seperti kamfer

Beberapa Manfaat adas

Dalam buah adas, terkandung minyak atsiri , kandungan ini yang menyebabkan buah adas memiliki aroma yang khas. Minyak yang berasal dari buah ini sering digunakan sebagai salah satu bahan pembuat minyak telon.

Manfaat Buah adas untuk kesehatan
Zat-zat yang terkandung dalam buah adas dapat membantu meransang kerja organ pencernaan, membantu melancarkan buang angina, dapat menghangatkan badan, serta mengencerkan dahak, menghancurkan batu ginjal, membantu meningkatkan nafsu makan, insomnia, dan melancarkan datang bulan
Demikianlah ulasan singkat tentang manfaat adas untuk kesehatan, semoga bisa membantu menambah wawasan anda tentang tanaman obat yang ada di Negara kita ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar