Sabtu, 09 Maret 2013

Khasiat dan Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan


Khasiat dan Manfaat Bawang Merah
Manfaat Bawang Merah – Mungkin bagi anda akan terdengar sedikit asing dan jarang sekali mungkin anda mendengarnya bahwa bawang merah yang biasa digunakan sebagai bahan masakan ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Selain digunakan sebagia bahan rempah – rempah bumbu masakan, bawang merah juga sering dimanfaatkan sebagai salah satu bahan obat tradisional dan terbukti mampu menyembuhkan beberapa penyakit seperti nyeri perut ataupun penyembuhan luka. Selain penyakit ringans eperti yang telah disebutkan, bawang merah juga mampu mengobati penyakit berat seperti diabetes melitus, jantung maupun stroke.

Kandungan Bawang Merah

Manfaat bawang merah sangat banyak sekali dan itu semua karena beberapa kandungan senyawa yang ada di dalam bawang merah. Diantaranya adalah vitamin C, kalium, serat, asam folat, kalsium, zat besi, dan beberapa zat pengatur tubuh seperti (hormon auksin dan giberelin). Bawang merah juga mengandung antiseptik dan senyawa alliin, itulah sebabnya bawang merah juga digolongkan sebagai tanaman obat. Ternyata kandungan yang ada di dalam bawang merah semuanya sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan

Ada banyak sekali manfaat bawang merah bagi kesehatan, berikut adalah beberapa diantaranya :
  1. Mencegah penyakit TBC.
  2. Mencegah penyakit Kanker.
  3. Menyembuhkan penyakit diabetes melitus
  4. Mencegah penyakit stroke.
  5. Menyembuhkan luka.
  6. Menghilangkan nyeri pada tubuh.
  7. Mengobati radang tenggorokan.
  8. Membasmi kuman di dalam mulut.
  9. Membantu mengurangi rasa sakit karena gigitan serangga.

Itulah beberapa manfaat bawang merah yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsinya setiap hari secara teratur. Bagi anda yang memiliki masalah kesehatan seperti yang disebutkan di atas, sangat diasarankan mengkonsumsi bawang merah ini untuk menyembuhkan beberapa penyakit di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar