Sabtu, 09 Maret 2013

Manfaat dan efek Bawang Putih untuk kesehatan

 


detail berita
Bawang putih (Foto: Google)
BAWANG putih merupakan salah satu bumbu dasar masakan peneman bawang merah. Selain meningkatkan kualitas rasa, bawang putih memiliki khasiat menyembuhkan beberapa penyakit.

Aroma dari bawang putih memang menyengat dan mungkin tidak terlalu disukai. Tetapi bawang putih memiliki efek penyembuhan yang hebat. Tanaman ini bisa menjadi ramuan obat untuk melawan penyakit dan menyembuhkan masalah kulit.

Berikut manfaat dari bawang putih dalam memberikan efek penyembuhan, sebagaimana dilansir Boldsky, Senin (26/3/2012).

Detoksifikasi dengan jus bawang putih

Ups, jangan mengernyitkan dahi dahulu! Jus bawang putih memang terdengar menyeramkan bagi yang belum pernah mencoba dan mendapatkan manfaatnya. Tapi, jus bawang putih memiliki beberapa manfaat kesehatan karena dapat mengeluarkan racun dari tubuh melalui pori-pori kulit.

Menjaga kesehatan jantung

Bawang putih sangat baik untuk pasien jantung. Sulfida dalam bawang putih menurunkan kadar kolesterol LDL sehingga mencegah penyakit kardiovaskuler seperti serangan jantung atau penyumbatan.

Memberi manfaat bagi penderita diabetes

Jika Anda penderita diabetes, baik untuk mengonsumsi beberapa siung bawang putih dalam menu makan harian. Bawang putih bermanfaat bagi kesehatan Anda dengan meningkatkan tingkat insulin dalam aliran darah.

Mengandung Allicin, si pelindung dari infeksi

Allicin dalam bawang putih merupakan senyawa anti-jamur yang melindungi tubuh dari infeksi dan meningkatkan antibodi.

Menjaga kesehatan telinga

Jika Anda memiliki infeksi atau sakit pada telinga, bawang putih dapat membantu Anda. Teteskan dua hingga tiga tetes minyak bawang putih hangat hasil ekstrak. Antioksidan dalam bawang putih membunuh bakteri dan mengeluarkan kotoran di dalamnya.
(tty) 

Khasiat dan Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh


Manfaat Bawang Putih
Manfaat Bawang Putih – Bawang putih memang selalu identik dan berhubungan dengan bumbu dapur yang digunakan setiap hari ketika anda membuat sebuah makanan sehat. Namun, bawang putih memiliki manfaat lain selain sebagai bumbu utama sebuah masakan, yaitu baik untuk kesehatan tubuh. Itu disebabkan karena bawang putih memiliki beberapa kandungan zat yang berguna untuk kesehatan tubuh seperti kalsium, protein, lemak, fosfor, belerang, zat besi, bahkan vitamin A, vitamin B1 dan vitamin C juga dimiliki oleh bawang putih. Untuk itu bawang putih sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh kita.

Manfaat Bawang Putit Bagi Kesehatan

Ada beberapa manfaat bawang putih yang bisa kita dapatkan, diantaranya :
  1. Mampu menormalkan kadar kolesterol.
  2. Mencegah penyakit jantung.
  3. Mencegah penyakit kanker.
  4. Mencegah tekanan dara tinggi.
  5. Melancarkan pencernaan.
  6. Baik digunakan untuk perawatan mata kita.
  7. Mencegah hipertensi.
  8. Menyembuhkan luka yang terinfeksi bakteri.
  9. Menyembuhkan penyakit asma.
  10. Membantu menyembuhkan berbagai penyakit kronis lainnya.

Di atas adalah beberapa manfaat dan khasiat dari bawang putih. Bagi anda yang memiliki beberapa masalah dan penyakit seperti yang disebutkan di atas, bisa mengkonsumsi bawang putih ini untuk mencegah dan mengobati penyakit anda.

Khasiat Bawang Putih

Banyak sekali manfaat bawang putih yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsinya secara rutin setiap hari secara teratur. Dari sebuah penelitian yang dilakukan di Moskow, telah berhasil menemukan bahwa bawang putih mampu menurunkan kadar kolesterol. Dengan bagitu, bisa diambil kesimpulan bawha khasiat bawang putih untuk menurunkan kadar kolesterol memang sudah terbukti. Selain itu, bawang putih juga mampu mengurangi resiko akan terkena serangan jantung dan stroke secara tiba – tiba. Itulah beberapa manfaat dari bawang putih untuk kesehatan tubuh kita.
Efek Samping

Namun bawang putih tidaklah sempurna. Selain napas, bawang putih ada efek samping lain mungkin, terutama jika digunakan secara berlebihan. Gunakan akal sehat dan tidak berlebihan.
Bawang putih mentah sangat kuat, jadi makan terlalu banyak dapat menghasilkan masalah, contoh : iritasi atau bahkan kerusakan pada saluran pencernaan.

Ada beberapa orang yang alergi terhadap bawang putih. Gejala alergi bawang putih termasuk ruam kulit, suhu dan sakit kepala. Juga, bawang putih berpotensi mengganggu anti-koagulan (zat yang mencegah penggumpalan darah), jadi sebaiknya dihindari sebelum operasi. Seperti obat apapun, selalu periksa dengan dokter Anda terlebih dahulu dan memberitahu dokter Anda jika Anda menggunakannya.

Penting: Penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2001 menyimpulkan bahwa suplemen bawang putih "dapat menyebabkan efek samping yang berbahaya bila dikombinasikan dengan jenis obat yang dipakai untuk mengobati HIV / AIDS".Keterangan lebih lanjut tersedia di situs NIAID.

Bawang putih membuat suplemen kesehatan yang luar biasa bagi banyak orang tetapi apa yang disebut "obat bawang putih" adalah pengganti untuk obat alternatif : makan yang masuk akal dan olahraga yang tepat. Bawang putih harus dilihat sebagai bagian dari gaya hidup sehat - bukan sebagai alternatif untuk itu. Selalu berkonsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu mengenai kondisi medis.

Untuk menghilangkan bau setelah kita  mengkonsumsi bawang putih, kita dapat melakukan cara–cara berikut ini :

  1. Meminum air teh kental atau kopi setelah mengkonsunsi bawang putih
  2. Memakan kulit limau dengan cara dikunyah
  3. Mengimbangi dengan makanan yang terbuat dari protein, hati, dan telor
  4. Menggunakan bawang putih dengan cara direbus terlebih dahulu atau dijadikan acar

Ingat "bawang putih tidak boleh digunakan dalam bentuk apapun sewaktu terdapat serangan penyakit di bagian perut dan usus besar".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar